-->

Ad Unit (Iklan) BIG

Cara mudah Menyelesaikan rubik 3×3×3 untuk pemula (bergambar)

Cara mudah menyelesaikan rubik 3×3×3 untuk pemula (bergambar)


Kali ini saya akan menerangkan bagaimana cara menyelsaikan rubik 3×3×3 ,mungkin di antar kalian sempat terheran-heran saat pertama kali memainkan permainan ini atau melihat orang lain menyelesaikan kubus rubik dalam waktu yang sangat singkat dan membuat kalian bertanya di dalam hati kalian bagaimana sih caranya?kenapa dia bisa menyelesaikannya secepat itu?dan beranggapan bahwa orang yang bisa menyelesaikan kubus rubik itu orang yang genius sebenarnya semua orang bisa menyelesaikan kubus rubik ini dengan catatan mereka punya kemauan dan semangat yang kuat seperti kata pepatah "di mana ada kemauan di situ ada jalan " dan jika kalian membaca artikel ini sampai habis.  sebelum  kalian belajar bermain rubik kalian harus tahu apa itu rubik, sejarah rubik ,dan bagian -bagian rubik terlebih dahulu, kenapa kita harus mengerti seluk beluk kubus rubik terlebih dahulu? Yaitu Untuk menghormati jasa orang yang menemukan kubus rubik ini kan kasihan kalau karyanya di kenal tapi namanya tak terkenal .

*pengertian kubus rubik  
   
                  Kubus rubik adalah sebuah permainan teka teki mekanik yang sempat populer di indonesia .permainan ini terbuat dari plastik dan terdiri dari 27 bagian kecil Berputar pada poros yang terlihat. setiap sisi dari kubus ini memiliki warna yang berbeda.

*sejarah kubus rubik

        Kubus rubik di temukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hunggaria Erno Rubik. Semua berawal Pada pertengahan 1980an ,Erno Rubik bekerja di departement Desain interior di akademi seni terapan dan kerajinan di Budapest.kubus ini awalnya di buat untuk media pembelajaran murid muridnya dalam  memahami objek 3D, Dia tidak menyangka bahwa alat yang ia temukan akan menjadi permainan teka teki yang akan populer padahal dia membuat kubus rubik hanya untuk membantunya dalam mengajari murid muridnya dan Rubik memperoleh patennya di Hunggaria atas penemuan " kubus ajaib " pada tahun 1975.

*pengenalan bagian-bagian rubik

        sebelum saya  menerangkan bagaimana cara memainkan rubik 3×3×3 alangkah baiknya jika saya mengenalkan terlebih dahulu bagian bagian kubus rubik:

-pertama corner letaknya ada di setiap sudut rubik,

-kedua center yaitu bagian yang berada di tengah rubik ,center juga bisa di gunakan untuk patokan warna pada setiap sisi rubik,

-dan yang ketiga yaitu edge letak edge ini ada di sebelah center ,untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar di atas!

*notasi pergerakan rubik

Dalam proses menyelesaikan kubus rubik kalian akan bertemu rumus yang berisi notasi-notasi  gerak yang mungkin bagi kalian yang baru belajar rubik akan sangat membingungkan maka untuk menghindari hal itu sebaiknya kalian memperhatikan notasi pergerakan berikut ini:
D : down (menggerakkan bagian bawah searah jarum jam)
B : back (menggerakkan bagian belakang searah jarum jam)
F : front (menggerakan bagian depan searah jarum jam)
R : right (menggerakkan sebelah kanan searah jarum jam)
L : left (menggerakkan sebelah kiri searah jarum jam)
U : up (menggerakkan bagian atas searah jarum jam)
Coba kalian perhatikan gambar notas pergerakan rubik di bawah ini:


Catatan : jika notasi-notasi di atas ditambah aksen ( ' ) maka kalian harus menggerakkan dengan berlawanan arah jarum jam dan jika pada notasi tersebut ditambah angka (2) maka kalian harus menggerakkannya 2× ,notasi-notasi di atas harus kalian hafal agar lebih mudah dalam menerapkan rumusnya.

*menyelesaikan rubik

       Sekarang mari kita mulai tahap penyelesaian kubus rubik 3×3×3 dengan menggunakan metode layer by layer, sebenarnya ada banyak sekali metode yang dapat kalian gunakan untuk menyelesaikan rubik 3×3×3 seperti Fridrich Method,Petrus Method, Waterman Method,Roux Method,Heise Method dan masih banyak lagi,semua metode itu dapat kalian cari di websitenya masing masing tapi disini  saya akan menggunakan metode layer by layer karena metode ini hanya butuh waktu sebentar untuk menguasainya  karena hanya ada beberapa rumus dan kondisi yang harus kalian hafalkan , di metode ini ada 7 kangkah yang akan kalian  lewati berikut ke7 langkah tersebut:

1.membuat cross putih


      Pada langkah ini kalian akan membuat cross pada warna putih ,sebenarna untuk membuat cross kalian tidak harus menggunakan warna putih dan kuning untuk warna besenya kalian juga bisa menggunakan warna yang lain seperti merah & coklat atau hijau & biru tetapi untuk mempermudah penjelasan langkah demi langkah maka alangkah baiknya kita gunakan warna putih dan kuning sesuai dengan contoh gambar yang saya sediakan dalam membuat cross tak ada cara khusus tapi kalian dapat perhatikan gambar di bawah ini beserta instruksinya .

Kalian harus membuat posisi warna putih  seperti pada gambar di samping.
catatan: yang harus kalian perhatikan adalah posisi  stiker putih selan itu tidak berpengaruh.


Setelah itu kalian harus samakan setiap warna kaki cross dengan warna centernya seperti pada gambar berikut.

Pada gambar di atas bisa kalian lihat kaki edge hijau sudah sama dengan centernya tetapi kaki edge biru belum sama maka kalian harus memindahkan edge biru ketempat yang semestinya  tapi di langkah ini kalian tidak akan menggunakan rumus tapi kalian akan menggunakan" intuisi" jadi kalian harus gunakan otak kalian.

 Jika warna kaki edge sudah sama seperti gambar di samping . sebelum melanjutkan ke langakah berikutnya maka  kalian harus membalik kan rubik kalian agar cross putih berada di bagian  bawah lalu biarkan posisinya seperti itu agar pada langkah 
berikutnya kalian tidak kebingungan.

2. Menyelesaikan layer satu
       Tujuan langkah ini adalah menaruh corner putih pada tempat yang tepat dengan demikian  layer satu pada rubik akan selesai .pada langkah ini kalian akan menemukan kondisi seperti pada gambar di bawah ini;
Rumusnya adalah 
R,U,R' rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkanya pada sisi merah.

Rumusnya adalah 
L',U',L rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkanya pada sisi coklat.
Rumusnya adalah 
F',U,F,R,U,R' rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkannya pada sisi biru.

Rumusnya adalah
R,U',R',U2,R,U,R'rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkanya pada sisi biru.


3. Menyelesaikan layer dua
       Tujuan langkah ini adalah memasukkan edge layer 2 ke tempat yang seharusnya. Ada tiga kondisi yang bisa kalian manfaatkan.
Rumusnya adalah
U,R,U',R',U',F',U,F rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkanya pada sisi hijau.


Rumusnya adalah 
U',L',U,L,U,F,U',F' rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkannya pada sisi biru.


Rumusnya adalah

R,U,R',U2,R,U2,R',U,F',U',F rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkanya pada sisi coklat.


4. Membuat cross kuning
         Langkah ini ber tujuan membuat semua edge kuning menghadap ke bagian atas/ke sisi kuning .ada beberapa kondisi yang mestinya kalian temukan.


rumusnya adalah 
F,U,R,U',R',F'


Rumusnya adalah 
F,U,R,U',R',F'

Rumusnya adalah 
F,R,U,R',U',F' 

Jika kalian menemukan kondisi seperti ini maka kalian dapat langsung lanjut ke tahap berikutnya 



Catatan: gambar di atas adalah gambar  posisi stiker kuning pada bagian atap.

5. Melengkapi sisi kuning 
         Tujuan langkah ini adalah memutar corner di layer ke tiga, agar seluruh stiker kuning menghadap ke atas. ada beberapa kondisi yang dapat kalian eksekusi berikut kondisi yang akan kalian temukan;




Rumusnya adalah
R,U,R',U,R,U2,R' rumus ini akan berfungsi jika kalian memainkannya sesuai dengan kondisi dan posisi memainkanya juga sama seperti contoh gambar.

6. Memindahan corner layer ketiga
          Tujuan langkah ini adalah memindahkan corner layer ke tiga ke tempat yang tepat sehingga di setiap sudut terjadi keseragaman warna. di angkah ini ada dua kondisi yang dapat kalian eksekusi seperti berikut;



ada dua kondisi dengan satu rumus ,rumusnya adalah 
R,U2,R',U',R,U2,L',U,R',U',L
Catatan:
Kondisi 1:kalian bisa mengeksekusinya pada sisi sebelah kanan dari sisi yang layer ketiganya sudah penuh.

Kondisi 2: kalian bisa mengeksekusinya pada sisi sebelah kanan dari sisi yang layer ketiganya  sudah sama warna cornernya namun edgenya belum.

7. Menyelesaikan layer tiga
         Tujuan langkah ini adalah untuk memindahkan edge pada layer tiga yang saling tertukar dengan  sisi yang lain , dengan bantuan center dan corner sebagai patokan ,kalian dapat menentikan arah pertukaran edge yang harus anda lakukan ,berikut arah pertukaran  yang akan kalian temukan;




Ini adalah pertukaran searah jarum jam, rumusnya adalah 
F2,U,L,R',F2,L',R,U,F2 atau R2,U,R,U,R',U',R',U',R',U,R2

ini adalah pertukaran yang tidak searah jarum jam, rumusnya adalah
F2,U',R',L,F2,L',R,U',F2 atau R,U',R,U,R,U,R,U',,R',U',R2



jika kalian menemukan arah pertukaran seperti gambar di atas kalian bisa gunakan salah satu rumus tadi tapi jika kalian ingin langsung selesai kalian bisa gunakan rumus di bawah ini
rumusnya adalah

L'2,R2,D',L'2,R2,D2,L'2,R2,D,U2,L'2,R2 rumus ini berfungsi pada kondisi 1 di mana edge yang tertukar saling berlawanan jujur saja rumus ini adalah rumus buatan .

Setelah kalian melewati langakah-langkah tadi dapat di pastikan kalian telah menyelesaikan kubus rubik yang kalian miliki jika masih belum selesai, coba kalian cari tahu apa kesalahan kalian atau mungkin rubik yang kalian punya pernah mengalami popout atau rumus yang saya berikan ada yang salah, itu bisa terjadi karena setiap manusia tidak pernah luput dari kesalah, maka dari itu akan sangat membantu jika kalian yang telah membaca blog saya ini dapat meluangkan waktunya sejenak untuk memberi kritik atau saran kepada saya melalui kolom komentar di bawah ini saya juga sangat berharap kepada kalian yang sudah bisa, untuk membagi ilmu ini kepada teman-teman kalian, jangan lupa juga untuk selalu mencari lagi wawasan tentang rubik lebih banyak lagi agar kalian bisa menjadi orang yang bukan hanya bisa memaikan kubus rubik tapi  juga mahir dalam memainkan kubus rubik dan menjadi seorang speedcubing atau seorang speedsolving .sekian dari saya kurang dan lebihnya mohon maaf wassalammuallaikum wr wb

      "Selamat mencoba dan semoga sukses"












Related Posts

Subscribe Our Newsletter